Gambaran Umum

PERATURAN GUBERNUR BANTEN NOMOR 59 TAHUN 2020

TENTANG

PERUBAHAN KEDUA ATAS PERATURAN GUBERNUR BANTEN NOMOR 38 TAHUN 2017 TENTANG URAIAN TUGAS JABATAN PIMPINAN TINGGI, ADMINISTRATOR, DAN PENGAWAS PERANGKAT DAERAH


BIRO PEREKONOMIAN DAN ADMINISTRASI PEMBANGUNAN SETDA PROVINSI BANTEN

1. Kepala Biro

a. Kepala Biro Perekonomian Dan Administrasi Pembangunan mempunyai tugas Pokok membantu Asisten Perekonomian dan Pembangunan dalam penyiapan pengoordinasian perumusan kebijakan, pengoordinasian pelaksanaan tugas Perangkat Daerah, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan di bidang kebijakan perekonomian, sumber daya alam, Badan Usaha Milik Daerah, Badan Layanan Umum Daerah, dan administrasi pembangunan dalam melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi daerah dan tugas pembantuan pada Bagian Perekonomian, Bagian Perencanaan Pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan; - 44 –

b. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada huruf a, Kepala Biro Perekonomian Dan Administrasi Pembangunan mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

1) Merumuskan program kerja di lingkunganBiro Perekonomian Dan Administrasi Pembangunan berdasarkan rencana strategis Sekretariat Daerah sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

2) Mengoordinasikan pelaksanaan tugas di lingkunganBiro Perekonomian Dan Administrasi Pembangunan sesuai dengan yang telah ditetapkan dan kebijakan pimpinan agar target kerja tercapai sesuai rencana;

3) Membina bawahan di lingkungan Biro Perekonomian Dan Administrasi Pembangunan dengan cara mengadakan rapat/pertemuan dan bimbingan secara berkala agar diperoleh kinerja yang diharapkan;

4) Mengarahkan pelaksanaan tugas bawahan di lingkunganBiro Perekonomian Dan Administrasi Pembangunan sesuai dengan tugas, tanggung jawab, permasalahan dan Hambatan serta ketentuan yang berlaku untuk ketepatan dan kelancaran pelaksanaan tugas;

5) Menyelenggarakan koordinasi penyusunan administrasi selaku Tim Anggaran Pemerintah Daerah;

6) Penyiapan pengoordinasian perumusan kebijakan di bidang kebijakan perekonomian, sumber daya alam, Badan Usaha Milik Daerah, Badan Layanan Umum Daerah dan administrasi pembangunan;

7) Penyiapan pengoordinasian pelaksanaan tugas Perangkat Daerah di bidang kebijakan perekonomian, sumber daya alam, Badan Usaha Milik Daerah, Badan Layanan Umum Daerah dan administrasi pembangunan;

8) penyiapan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan terkait pencapaian tujuan kebijakan, dampak yang tidak diinginkan, dan faktor yang mempengaruhi pencapaian tujuan kebijakan di bidang kebijakan perekonomian, sumber daya alam, Badan Usaha Milik Daerah, Badan Layanan Umum Daerah, dan administrasi pembangunan;

9) pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan;

10) Mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Biro Perekonomian Dan Administrasi Pembangunan, dengan cara membandingkan rencana kerja yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dengan rencana yang akan datang;  

11) Melaporkan pelaksanaan tugas Biro Perekonomian Dan Administrasi Pembangunansesuai dengan kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai akuntabilitas kinerja Biro Administrasi Pembangunan Daerah;

12) Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan Pimpinan baik lisan maupun tulisan sesuai dengan bidang tugasnya.

2. Kepala Bagian Perekonomian

a. Kepala Bagian Perekonomian mempunyai tugas pokok membantu Kepala Biro Perekonomian Dan Administrasi Pembangunan dalam melaksanakan penyiapan bahan pengoordinasian perumusan kebijakan daerah, pengoordinasian pelaksanaan tugas Perangkat Daerah, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan makro, analisis ekonomi mikro, BUMD, BLUD dan sumber daya alam.

b. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada huruf a, Kepala Bagian Perekonomian mempunyai tugas pokok sebagai berikut :

1) Menyusun rencana operasional di lingkungan Bagian Perekonomian berdasarkan Program Kerja BiroPerekonomian Dan Administrasi Pembangunan serta petunjuk pimpinan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

2) Mendistribusikan tugas kepada bawahan di lingkungan Bagian Perekonomian sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab yang ditetapkan agar tugas yang diberikan dapat berjalan efektif dan efisien;

3) Memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan di lingkungan Bagian Perekonomian sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas;

4) Menyelia pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Bagian Perekonomian secara berkala sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku untuk mencapai target kinerja yang diharapkan;

5) menyiapkan bahan pengoordinasian perumusan kebijakan daerah di bidang analisis ekonomi makro, analisis ekonomi mikro dan tata usaha;

6) menyiapkan bahan pengoordinasian pelaksanaan tugas Perangkat Daerah di bidang analisis ekonomi makro dan analisis ekonomi mikro; - 46 –

7) menyiapkan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah terkait pencapaian tujuan kebijakan, dampak yang tidak diinginkan, dan faktor yang mempengaruhi pencapaian tujuan kebijakan di bidang analisis ekonomi makro dan analisis ekonomi mikro;

8) Mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Perekonomian dengancara membandingkan antara rencana operasional dengan tugas-tugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan perbaikan kinerja di masa yang akan datang;

9) Menyusun laporan pelaksanaan tugas Bagian Perekonomian sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja; dan

10) Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tertulis.

3. Kepala Sub Bagian Kebijakan Perekonomian, BUMD dan BLUD

a. Kepala Sub Bagian Kebijakan Perekonomian, BUMD dan BLUD mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bagian Perekonomian dalam penyusunan bahan perumusan kebijakan, melaksanakan pembinaan, pengawasan, koordinasi serta evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan pada Sub Bagian Kebijakan Perekonomian, BUMD dan BLUD.

b. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada huruf a, Kepala Sub Bagian Kebijakan Perekonomian, BUMD dan BLUD mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

1) Merencanakan kegiatan Sub Bagian Kebijakan Perekonomian, BUMD dan BLUD berdasarkan rencana operasional Bagian Perekonomian sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

2) Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Kebijakan Perekonomian, BUMD dan BLUD;

3) Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sub Bagian Kebijakan Perekonomian, BUMD dan BLUD sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;

4) Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bagian Kebijakan Perekonomian, BUMD dan BLUD sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;

5) Melakukan persiapan bahan pengoordinasian perumusan kebijakan daerah di bidang analisis ekonomi makro dan ekonomi mikro, BUMD dan BLUD; - 47 –

6) Menyusun bahan pengoordinasian pelaksanaan tugas Perangkat Daerah di bidang analisis ekonomi makro dan ekonomi mikro, BUMD dan BLUD;

7) Mempersiapkan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah terkait pencapaian tujuan kebijakan, dampak yang tidak diinginkan, dan faktor yang mempengaruhi pencapaian tujuan kebijakan analisis ekonomi makro dan ekonomi mikro, BUMD dan BLUD;

8) Melakukan pemantuan dan evaluasi dan Pelaporan Pelaksanaan kegiatan;

9) Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bagian Kebijakan Perekonomian, BUMD dan BLUD dengan cara mengidentifikasi Hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa mendatang;

10) Melaporkan pelaksanaan kinerja di lingkungan Sub Bagian Kebijakan analisis ekonomi makro dan ekonomi mikro, BUMD dan BLUD sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang; dan

11) Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tertulis.

4. Kepala Sub Industri Jasa dan Ketenagakerjaan.

a. Kepala Sub Bagian Industri Jasa dan Ketenagakerjaan mempunyai tugas pokok membantu Kepala BagianPerekonomian dalam Menyusun rencana operasional di lingkungan Bagian Industri Jasa dan Ketenagakerjaan berdasarkan program kerja Biro Bina Perekonomian serta petunjuk pimpinan sebagai pedoman pelaksanaan tugas, koordinasi serta evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan pada Sub Bagian Industri Jasa dan Ketenagakerjaan.

b. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada huruf a, Kepala Sub Bagian Industri Jasa dan Ketenagakerjaan mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

1) Merencanakan kegiatan Sub Bagian Industri Jasa dan Ketenagakerjaan berdasarkan rencana operasional Bagian Perekonomian sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

2) Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Industri Jasa dan Ketenagakerjaan;

3) Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sub Bagian Industri Jasa dan Ketenagakerjaan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar; - 48 –

4) Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bagian Industri Jasa dan Ketenagakerjaan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;

5) Melaksanakan koordinasi penyusunan perumusan kebijakan perindustrian, perdagangan, koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah, perumusan kebijakan tenaga kerja dan perumusan kebijakan pariwisata dan ekonomi kreatif;

6) Melaksanakan persiapan bahan pengoordinasian pelaksanaan tugas Perangkat Daerah di bidang analisis ekonomi makro, analisis ekonomi mikro, sumber daya alam dan tata usaha;

7) Mempersiapkan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah terkait pencapaian tujuan kebijakan, dampak yang tidak diinginkan, dan faktor yang mempengaruhi pencapaian tujuan kebijakan di bidang analisis ekonomi makro, analisis ekonomi mikro, sumber daya alam dan tata usaha;

8) Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bagian Industri Jasa dan Ketenagakerjaan dengan cara mengidentifikasi Hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa mendatang;

9) Melaporkan pelaksanaan kinerja di lingkungan Sub Bagian Industri Jasa dan Ketenagakerjaan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang; dan

10) Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis;

5. Kepala Sub Bagian Produksi Daerah.

a. Kepala Sub Bagian Produksi Daerah mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bagian Perekonomian dalam melaksanakan pengelolaan dan pelayanan administrasi Biro.

b. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada huruf a, Kepala Sub Bagian Produksi Daerah mempunyai rincian tugas sebagai berikut:

1) Merencanakan kegiatan Sub Bagian Produksi Daerah berdasarkan rencana operasional Bagian Perekonomian sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

2) Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Produksi Daerah;

3) Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sub Bagian Produksi Daerah sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar; - 49 –

4) Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bagian Produksi Daerah sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;

5) Melaksanakan koordinasi penyusunan kebijakan Pertanian, Perkebunan dan Ketahanan Pangan, Kebijakan Kelautan dan Perikanan, dan Kebijakan Lingkungan Hidup Dan Kehutanan di Provinsi, Kabupaten/Kota dalam rangka tugas pembinaan Produksi Daerah dan Sumber Daya Alam;

6) Melaksanakan Pemantauan dan evaluasi bidang Pertanian, Perkebunan Dan Ketahanan Pangan, Kebijakan Kelautan dan Perikanan, dan Kebijakan Lingkungan Hidup Dan Kehutanan;

7) Mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Bagian Produksi Daerah dengan cara membandingkan antara rencana operasional dengan tugas-tugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan perbaikan kinerja di masa yang akan datang;

8) Menyusun laporan pelaksanaan tugas Bagian Produksi Daerah sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja;

9) Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan lingkup Biro;

10) Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bagian Produksi daerah dengan cara mengidentifikasi Hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa mendatang; dan

11) Melaporkan pelaksanaan kinerja di lingkungan Sub Bagian Produksi daerah sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang;

12) Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tertulis.

6. Kepala Bagian Perencanaan pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data.

a. Kepala Bagian Perencanaan pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data mempunyai tugas pokok membantu Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan dalam merencanakan perumusan kebijakan, melaksanakan koordinasi, monitoring, serta pengendalian pelaksanaan program dan kegiatan Sub Bagian Analisis Data Evaluasi Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan Pembangunan, Sub Bagian Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Administrasi Pembangunan, serta Sub Bagian Tata Usaha. – 50

b. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada huruf a, Kepala Bagian Perencanaan pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data mempunyai tugas sebagai berikut :

1) Menyusun rencana operasional Bagian Perencanaan pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data berdasarkan program kerja Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan serta petunjuk pimpinan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

2) Mendistribusikan tugas kepada bawahan di lingkungan Bagian Perencanaan pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab yang ditetapkan agar tugas yang diberikan dapat berjalan efektif dan efisien;

3) Memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan di lingkungan Bagian Perencanaan pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas;

4) Menyelia pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Bagian Perencanaan pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data secara berkala sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku untuk mencapai target kinerja yang diharapkan;

5) Melaksanakan koordinasi penyusunan kebijakan Perencanaan pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data;

6) Mengoordinasikan penyusunan bahan administrasi Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Banten;

7) menyiapkan bahan pengoordinasian perumusan kebijakan daerah di bidang Perencanaan pelaksanaan Pembangunan, Analisa Data dan Tata Usaha;

8) menyiapkan bahan pengoordinasian pelaksanaan tugas Perangkat Daerah di Perencanaan pelaksanaan Pembangunan, Analisa Data dan Tata Usaha;

9) menyiapkan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah terkait pencapaian tujuan kebijakan, dampak yang tidak diinginkan, dan faktor yang mempengaruhi pencapaian tujuan kebijakan di bidang Perencanaan pelaksanaan Pembangunan, Analisa Data dan Tata Usaha;

10)Mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Perekonomian dengan cara membandingkan antara rencana operasional dengan tugas-tugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan perbaikan kinerja di masa yang akan datang; - 51 –

11)Menyusun laporan pelaksanaan tugas Bagian Perencanaan Pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja;

12)Mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Bagian Perencanaan pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data dengan cara membandingkan antara rencana operasional dengan tugas-tugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan perbaikan kinerja di masa yang akan datang;

13)Menyusun laporan pelaksanaan tugas Bagian Perencanaan pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja; dan

14) Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tertulis.

7. Kepala Sub Bagian Analisa Data Evaluasi Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan pembangunan

a. Kepala Sub Bagian Analisa Data Evaluasi Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan pembangunan mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bagian Perencanaan pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data dalam Merencanakan kegiatan Sub Bagian Analisis Data Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan Pembangunan berdasarkan rencana operasional Bagian Analisa Data Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan Pembangunan sebagai pedoman pelaksanaan tugas pada Sub Bagian Analisa Data Evaluasi Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan pembangunan.

b. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada huruf a, Kepala Sub Bagian Analisa Data Evaluasi Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan pembangunan mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

1) Merencanakan kegiatan Sub Bagian Analisa Data Evaluasi Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan pembangunan berdasarkan rencana operasional Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan sebagai pedoman pelaksanaan tugas; 2) Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Analisa Data Evaluasi Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan pembangunan; - 52 –

3) Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sub Bagian Analisa Data Evaluasi Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan pembangunan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;

4) Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bagian Analisa Data Evaluasi Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan pembangunan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;

5) Melakukan penyusunan bahan kebijakan Analisis Data Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan Pembangunan;

6) Melakukan pemantauan dan evaluasi bahan Analisis Data Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan Pembangunan;

7) Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bagian Analisis Data Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan Pembangunan dengan cara mengidentifikasi Hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa mendatang;

8) Melakukan pemantauan dan evaluasi bahan Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Kegiatan;

9) Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bagian Analisa Data Evaluasi Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan pembangunan dengan cara mengidentifikasi Hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa mendatang;

10) Melaporkan pelaksanaan kinerja di lingkungan Sub Bagian Analisa Data Evaluasi Kegiatan dan Pelaporan Pelaksanaan pembangunan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang; dan

11) Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tertulis.

8. Kepala Sub Bagian Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Administrasi Pembangunan;

a. Kepala Sub Bagian Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Administrasi Pembangunan mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bagian Perencanaan Pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Datadalam Merencanakan kegiatan Sub Bagian Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Administrasi Pembangunan berdasarkan rencana operasional Bagian Perencanaan pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data sebagai pedoman pelaksanaan tugas; - 53 –

b. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada huruf a, Kepala Sub Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Administrasi Pembangunan mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

1) Merencanakan kegiatan Sub Bagian Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Administrasi Pembangunan berdasarkan rencana operasional Bagian Perencanaan Pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

2) Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Administrasi Pembangunan;

3) Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sub Bagian Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Administrasi Pembangunan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;

4) Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bagian Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Administrasi Pembangunan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;

5) Melaksanakan penyusunan bahan administrasi Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Banten;

6) Melaksanakan koordinasi penyusunan bahan kebijakan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Administrasi Pembangunan sesuai dengan peraturan perundangundangan;

7) Melaksanakan pemantauan dan evaluasi bahan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Administrasi Pembangunan;

8) Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bagian Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Administrasi Pembangunan dengan cara mengidentifikasi Hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa yang akan datang;

9) Melaporkan pelaksanaan kinerja di lingkungan Sub Bagian Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Administrasi Pembangunan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang; dan

10) Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tertulis. - 54 –

9. Kepala Sub Tata Usaha

a. Kepala Sub Bagian Tata Usaha mempunyai tugas pokok membantu KepalaBagian Perencanaan Pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data, melaksanakan pembinaan, pengawasan, koordinasi serta evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan pada Sub Bagian Tata Usaha.

b. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada huruf a, Kepala Sub Bagian Tata Usaha mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

1) Merencanakan Kegiatan Sub Bagian Tata Usaha berdasarkan rencana operasional Bagian Perencanaan Pelaksanaan Pembangunan dan Analisa Data Sebagai Pedoman Pelaksanaan Tugas;

2) Membagi Tugas kepada bawahan sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas sub bagian Tata Usaha;

3) Membimbing Pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sub Bagian Tata Usaha sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;

4) Memerika hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bagian Tata Usaha Sesuai dengan Prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;

5) melaksanakan pelayanan administrasi kepegawaian;

6) melaksanakan pelayanan administrasi keuangan meliputi penganggaran, penatausahaan, serta pengelolaan sistem akuntansi dan pelaporan;

7) Melaksanakan pelayanan administrasi umum meliputi ketatausahaan, kerumahtanggaan, pengelolaan barang/aset, kehumasan, pengelolaan dan pelayanan sistem informasi, serta pengelolaan perpustakaan dan kearsipan;

8) Melaksanakan pengkajian bahan penataan kelembagaan dan ketatalaksanaan;

9) Melaksanakan penyusunan bahan rancangan dan pendokumentasian peraturan perundang-undangan lingkup biro;

10) Melaksanakan pengumpulan dan pengolahan bahan RENSTRA, RENJA, RKA, DPA, TAPKIN, LKjIP, LKPJ, dan LPPD lingkup biro;

11) melaksanakan pengolahan bahan tindak lanjut laporan hasil pemeriksaan lingkup biro;

12) Melaksanakan perencanaan pemeliharaan perlengkapan biro;

13) melaksanakan perencanaan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan;

14) melaksanakan pembinaan Pegawai ASN; - 55 –

15) Mengevaluasikan pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bagian Tata Usaha dengan cara mengidentifikasi Hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa mendatang;

16) Melaporkan Pelaksanaan Kinerja di lingkungan Sub Bagian Tata Usaha sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sesuai dengan akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang; dan

17) Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tertulis.

10. Kepala Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan

a. Kepala Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan mempunyai tugas pokok membantu Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan dalam merencanakan perumusan kebijakan, melaksanakan koordinasi, monitoring serta pengendalian pelaksanaan program dan kegiatan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan, Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Keuangan, Dekonsentrasi, Dana Alokasi Khusus dan Tugas Pembantuan, serta Sub Bagian Pengendalian Administrasi, Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah. b. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada huruf a, Kepala Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

1) Menyusun rencana operasional di lingkungan Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan berdasarkan program kerja Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan serta petunjuk pimpinan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

2) Mendistribusikan tugas kepada bawahan di lingkungan Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab yang ditetapkan agar tugas yang diberikan dapat berjalan efektif dan efisien;

3) Memberi petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan di lingkungan Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas; 4) Menyelia pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan secara berkala sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku untuk mencapai target kinerja yang diharapkan; - 56 - 5) Melaksanakan koordinasi penyusunan kebijakan Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan berdasarkan program kerja Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan serta petunjuk pimpinan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

6) Menyusun laporan pelaksanaan tugas Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja;

7) Melakukan dan mengidentifikasi permasalahan pengendalian pelaksanaan pembangunan sebagai bahan untuk dijadikan laporan atau pertimbangan kepada atasan;

8) Melaksanakan koordinasi penyusunan kebijakan Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan, Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Keuangan, Dekonsentrasi, Dana Alokasi khusus dan Tugas Pembantuan, Pengendalian Administrasi Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah;

9) Melakukan pemantauan dan evaluasi kebijakan Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan, Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Keuangan, Dekonsentrasi, Dana Alokasi khusus dan Tugas Pembantuan, Pengendalian Administrasi Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah;

10) Mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan dengan cara membandingkan antara rencana operasional dengan tugastugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan perbaikan kinerja di masa yang akan datang;

11) Mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan dengan cara membandingkan antara rencana operasional dengan tugastugas yang telah dilaksanakan sebagai bahan laporan kegiatan dan perbaikan kinerja di masa yang akan datang;

12) Menyusun laporan pelaksanaan tugas Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala sebagai bentuk akuntabilitas kinerja; dan 13) Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tertulis; - 57 –

11. Kepala Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan;

a. Kepala Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan dalam penyusunan bahan perumusan kebijakan, melaksanakan pembinaan, pengawasan, koordinasi serta evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan pada Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan.

b. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada huruf a, Kepala Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

1) Merencanakan kegiatan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan berdasarkan rencana operasional Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;

2) Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan;

3) Membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar; 4) Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;

5) Menyusun bahan rumusan kebijakan pengendalian administrasi pelaksanaan pembangunan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;

6) Menyusun bahan pedoman pelaksanaan monitoring dan evaluasi pengendalian administrasi pelaksanaan pembangunan;

7) Menyusun dan menghimpun bahan evaluasi percepatan penyerapan anggaran berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;

8) Melakukan pemantauan dan evaluasi bahan Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan;

9) Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub BagianPengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa mendatang; - 58 - 10) Melaporkan pelaksanaan kinerja di lingkungan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang; dan

11) Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tertulis.

12. Kepala Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Keuangan, Dekonsentrasi, Dana Alokasi Khusus dan Tugas perbantuan;

a. Kepala Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Keuangan, Dekonsentrasi, Dana Alokasi Khusus dan Tugas perbantuan; mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan dalam merencanakan kegiatan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan Bantuan Keuangan, Dekonsentrasi Dana Tugas Alokasi Khusus dan Tugas Pembantuan berdasarkan rencana operasional Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan sebagai pedoman pelaksanaan tugas pada Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Keuangan, Dekonsentrasi, Dana Alokasi Khusus dan Tugas perbantuan;

b. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada huruf a, Kepala Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Keuangan, Dekonsentrasi, Dana Alokasi Khusus dan Tugas perbantuan Mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

1) Merencanakan kegiatan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Keuangan, Dekonsentrasi, Dana Alokasi Khusus dan Tugas perbantuan berdasarkan rencana operasional Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan sebagai pedoman Pelaksanaan tugas;

2) Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Keuangan, Dekonsentrasi, Dana Alokasi Khusus dan Tugas perbantuan;

3) Membimbing Pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Keuangan, Dekonsentrasi, Dana Alokasi Khusus dan Tugas perbantuan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar; - 59 –

4) Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Keuangan, Dekonsentrasi, Dana Alokasi Khusus dan Tugas perbantuan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;

5) Menyusun bahan rumusan kebijakan Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Keuangan, Dekonsentrasi, Dana Alokasi Khusus dan Tugas perbantuan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;

6) Melakukan pengoordinasian kebijakan penyelenggaraan urusan pemerintahan bidang dekonsentrasi dan tugas pembantuan lingkup provinsi dan kabupaten/kota;

7) Melakukan pemantauan dan evaluasi bahan Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Keuangan, Dekonsentrasi, Dana Alokasi Khusus dan Tugas Pembantuan;

8) Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Keuangan Dekonsentrasi Dana Alokasi Khusus dan tugas perbantuan dengan cara mengidentifikasi Hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa mendatang;

9) Melaporkan pelaksanaan kinerja di lingkungan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Keuangan, Dekonsentrasi, Dana Alokasi Khusus dan Tugas Pembantuan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang;

10) Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Keuangan, Dekonsentrasi, Dana Alokasi Khusus dan Tugas perbantuan dengan cara mengidentifikasi Hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa mendatang;

11) Melaporkan pelaksanaan kinerja di lingkungan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Bantuan Keuangan, Dekonsentrasi, Dana Alokasi Khusus dan Tugas perbantuan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang; dan

12) Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tertulis. - 60 –

13. Kepala Sub Pengendalian Administrasi Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah

a. Kepala Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bagian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan dan Pengadaan Barang/Jasa dalam Merencanakan Kegiatan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah berdasarkan rencana operasional Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan Sebagai Pedoman Pelaksanaan Tugas pada sub bagian Pengendalian Administrasi Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah.

b. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada huruf a, Kepala Sub Pengendalian Administrasi Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah Mempunyai rincian tugas sebagai berikut :

1) Merencanakan kegiatan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah berdasarkan rencana operasional Bagian Pengendalian Pelaksanaan Pembangunan sebagai pedoman pelaksanaan tugas; 2) Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah;

3) Membimbing pelaksanaan tugas di lingkungan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar;

4) Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan;

5) Melaksanakan pemantauan dan evaluasi kebijakan Pengendalian Administrasi Pendapatan, Keuangan dan Aset daerah;

6) Melaksanakan koordinasi penyusunan bahan kebijakan Pengendalian Administrasi Pendapatan, Keuangan dan Aset daerah;

7) Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pendapatan, Keuangan dan Aset daerah dengan cara mengidentifikasi Hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa mendatang; - 61 –

8) Melaporkan Pelaksanaan Kinerja di lingkungan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pendapatan, Keuangan dan Aset daerah sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sesuai dengan akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang;

9) Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di lingkungan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah dengan cara mengidentifikasi Hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja di masa mendatang;

10) Melaporkan pelaksanaan kinerja di lingkungan Sub Bagian Pengendalian Administrasi Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku sebagai akuntabilitas kinerja dan rencana kegiatan mendatang; dan

11) Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tertulis.

Share :

Add New Comment

 Your Comment has been sent successfully. Thank you!   Refresh
Error: Please try again

Order form

 Your Order has been sent successfully. We will contact you as soon as possible.
Error: Please try again